CARA EFEKTIF MELAKUKAN PROSES PENAGIHAN HUTANG ANTAR PERUSAHAAN YANG BERKEKUATAN HUKUM UNTUK MENGAMANKAN ASSET PERUSAHAAN

/, Finance And Accounting/CARA EFEKTIF MELAKUKAN PROSES PENAGIHAN HUTANG ANTAR PERUSAHAAN YANG BERKEKUATAN HUKUM UNTUK MENGAMANKAN ASSET PERUSAHAAN

Silabus Training:

CARA EFEKTIF MELAKUKAN PROSES PENAGIHAN HUTANG  ANTAR PERUSAHAAN YANG BERKEKUATAN HUKUM  UNTUK MENGAMANKAN ASSET PERUSAHAAN

PENDAHULUAN:

Utang-piutang memang bukan perkara yang gampang. Banyak perusahaan yang direpotkan oleh urusan utang-piutang. Umumnya kesulitan itu karena penagihan utang yang macet dan berlangsung lama. Karena itu biasanya perusahaan membuat prosedur khusus untuk penagihan piutang macet. Umumnya, penagihan dilakukan melalui surat pada periode tertentu yang dilayangkan hingga beberapa kali tidak selamanya berjalan sesuai yang diharapkan. Yang sering kali terjadi, hingga surat tagihan yang kesekianpun, pengembalian piutang itu tak kunjung berhasil. Untuk mengatasi cara yang lebih efeisien dan banyak dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan jasa debt collector untuk menangani proses penagihan hutang tersebut. Namun cara ini, seringkali menimbulkan persoalan baru yang cenderung anarkhis dan otoriter. Selain itu, cara demikian belum tentu pula bisa menyelesaikan perkara hutang yang dialami oleh perusahaan yang tertagih. Dalam kaitan ini, perlu difikirkan cara-cara lain yang lebih efektif dalam proses penagihan hutang-piutang antar perusahaan, seperti langkah hukum yang tepat menangani masalah hutang, memahami psikologi debitur saat ditagih, seni penagihan secara langsung, dan lain-lain. Supaya hasil yang diperoleh bisa memberikan solusi yang moderat antar masing-masing pihak. sehingga, pihak perusahaan yang menunggak hutang bisa memberikan peluang untuk melunasi hutangnyanya. sekaligus, dan pihak penagih tidak terliliti oleh beban sosial lain yang bisa mengancam Perusahaannya.

TUJUAN:

Untuk memberikan bekal pengetahuan yang memadai tentang cara efektif menangani proses penagihan hutang antar perusahaan. dan membangun sharing pengetahuan yang interaktif berdasarkan pengetahuan dan pengalaman antar masing-masing peserta.

 

CAKUPAN MATERI TRAINING:

  1. Cara diplomatis menemui debitur untuk melakukan penagihan.
  2. Tehnik menguasai dan memahami kondisi psikologi dan permasalahan debitur.
  3. Merumuskan perangkat hukum untuk melakukan penagihan hutang.
  4. Membangun win-win solution antara kedua belah pihak melalui penghitungan dan pembagian asset sebagai pengganti hutang.
  5. Studi kasus: cara efektif menangani proses penagihan hutang antar perusahaan.

INSTRUCTOR :   Budi Ruhiatudin, SH., M.Hum. and team

VENUE :   Yogyakarta (Jogjakarta plaza hotel/Ibis hotel yogyakarta/Ibis Styles yogyakarta hotel/Mutiara hotel/ Melia Purosani hotel)

 

TRAINING DURATION :   2 days

TRAINING TIME : 

17 – 18 Maret 2014
14 – 15 April 2014
12 – 13 Mei 2014
16 – 17 Juni 2014
7 – 8 Juli 2014
19 – 20 Agustus 2014
15 – 16 September 2014
13 – 14 Oktober 2014
17 – 18 November2014
9 – 10 December 2014
 
INVESTATION PRICE/PERSON :    

  1. Rp 3.950.000/peserta (bayar penuh)  atau
  2. Rp 3.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training)  atau
  3. Rp 3.500.000/peserta ( peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor
  11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company)

TRAINING INSTRUCTOR

Budi Ruhiatudin, S.H., M.Hum lulusan dari fakultas hukum Universitas Islam Indonesia, konsentrasi pada hukum bisnis. Sekarang Beliau sebagai dosen di Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta mengajar sebagai dosen di beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta. Beliau pernah memegang posisi sebagai Ketua Jurusan Perbandingan mazhab dan Hukum Fak. Syari’ah UIN Sunan Kalijaga, sebagai Ketua Umum  Asosiasi Pengacara Syari’ah Indonesia (APSI) DIY, Staf Ahli  LBH Ansor DIY, Konsultan Ahli  Pusat Studi dan Konsultasi Hukum (PSKH) Fak. Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga. Di kampus Beliau mengajar beberapa mata kuliah seperti Hukum Perdata, Hukum Bisnis, Ilmu Hukum, Hukum Lingkungan, Aspek Hukum dlm Bisnis. Beliau secara aktif melakukan penelitian dan mempublikasikan penelitiannya.Pak Budi Ruhiatudin,S.H.,M.Hum.sudah sering dan berpengalaman mengajar pelatihan/training kepada lembaga/institusi/perusahaan di Indonesia dalam bidang hukum dan aspek-aspeknya.

SILAHKAN ISI FORM REGISTRASI BERIKUT :


REGISTRASI

Judul Training

Tanggal Training

Jenis Pesan

Data Diri

Nama Anda (required)

Job Title (required)

Company (required)

Company Address

Email (required)

Website

Mobile Phone (required)

Office Phone

Extensions No

Faximile

DATA PRE REGISTRATION (Tidak Mengikat)

Jumlah Peserta (required)

Nama-nama Peserta

Pesan untuk Penyelenggara Training

Isi kode gambar di bawah ini :
captcha

No comments yet.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*